Parenting Blog

Membahas tentang Ayah, Ibu dan Anak agar Hubungan Lebih Harmonis

menikah adalah pilihan rasional

Menikah adalah Pilihan Rasional – Ada ungkapan dari salah seorang penulis novel terkemuka yang pastinya Anda kenal. Ia bernama Tere Liye. Dalam sebuah untaian kalimatnya, Ia mengungkapkan tentang cinta. Begini ungkapnya,

“Jika kau memahami cinta adalah perasaan irasional, sesuatu yang tidak masuk akal, tidak butuh penjelasan, maka cepat atau lambat luka itu akan kembali menganga.

Kau dengan mudah membenarkan apa pun yang terjadi di hati, tanpa tahu, tanpa memberikan kesempatan berpikir bahwa itu boleh jadi karena kau tidak mampu mengendalikan perasaan tersebut.”

Yap, menikah adalah tentang pilihan rasional, bukan hanya tentang cinta dan perasaan. Pernikahan yang indah memang yang didasari dengan perasaan cinta dan kekaguman.

Tetapi cinta itu sendiri bisa ditanam, dipupuk dan ditumbuhkembangkan. Cinta yang menjadi landasan bagi pernikahan yang bertahan lama bukan lah cinta irasional, ia adalah cinta yang didasari oleh komitmen dan keimanan.

Membangun sebuah pernikahan, sama seperti membangun sebuah organisasi, perusahaan, atau bahkan sebuah negara. Ia memerlukan fondasi dan prinsip-prinsip dasar pembentukan dan penjagaan.

Fondasi itu adalah keimanan, ketakwaan, ketaatan kepada aturan Allah dan Rasul-Nya, kecintaan kepada nilai-nilai kebaikan, dan ketundukan terhadap syariat-Nya.

Jika fondasi ini kokoh, maka di atas fondasi inilah akan muncul visi dan motivasi yang lurus serta kuat.

Baca Juga: Pernikahan dalam Islam beserta Definisi dan Tata Caranya

Menikah adalah Pilihan Rasional

sumber: Johor Kini

Rasionalitas Pernikahan

Menikahi seseorang adalah sebuah pilihan rasional. Memilih dengan objektif tanpa dibutakan oleh perasaan. Setiap orang yang memasuki kehidupan kita membawa permasalahannya masing-masing, oleh karenanya kita perlu memilih masalah mana saja yang kita siap ambil ketika menjalani pernikahan.

Sebelum menikah, kita perlu memilah mana kekurangan-kekurangan yang akan kita hadapi dan terima kelak saat komitmen itu telah terlaksana.

Oleh karena menikah adalah komitmen seumur hidup. Tentu kita tidak mau pernikahan kita retak dan tidak bertahan lama bukan? Maka ketika memutuskan untuk menikah, dibutuhkan pertimbangan-pertimbangan tertentu hingga akhirnya mantap untuk berkomitmen seumur hidup.

Pertimbangan itu bukan hanya didasari oleh perasaan, tetapi juga logika dan keimanan. Seperti visi keluarga seperti apa yang ingin kita bangun kelak.

Apakah keluarga yang memunculkan produktivitas, keluarga yang menghadirkan kontribusi bagi masyarakat luas. Atau kah sebuah keluarga yang menghargai potensi, menjunjung tinggi budi pekerti, menghormati nilai-nilai luhur. Atau sebuah keluarga yang menaati tatanan Ilahi dan mengikuti tuntunan Nabi.

Menikah adalah pilihan yang rasional, menerima seseorang sepaket dengan kelebihan dan kekurangannya. Menerima segala perubahan hidup, menjadikan masalah pasangan juga sebagai masalah kita.

Menjadikan bebannya juga sebagai beban hidup kita. Maka pilih lah pula dengan rasional, seseorang yang mampu kamu tanggung bebannya, seseorang yang mampu kamu terima kekurangannya.

Karena ketika kita telah memilih dan menikahinya, kita harus sudah saling menerima, saling memberi, saling memahami, saling membutuhkan. Berkompromi, saling menasihati, saling menjaga, saling melindungi, saling berbaik sangka.

Karena sebelum kita menikahinya, kita mengerti konsekuensi untuk saling memaafkan, saling mengalah, saling menguatkan dalam kebaikan, saling mencintai, saling merindukan, saling mengasihi.

Baca Juga: Inilah Seni Mendidik Anak di Era 4.0

Menikah adalah Pilihan Rasional

sumber: NU Online

Penutup

Jadi sudah siapkah Anda menikah? Jangan khawatir umur terlalu muda selama pikiran sudah dewasa (ingat sudah dewasa loh ya bukan sudah tua karena tua adalah kepastian tapi dewasa adalah pilihan) dan telah memahami prinsip-prinsip dasarnya maka menikah adalah pilihan rasional.

Bila artikel ini bermanfaat maka Anda bisa sebarkan seluas-luasnya agar banyak orang yang juga merasakan manfaatnya terutama bagi mereka yang ingin segera menikah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *