Parenting Blog

Membahas tentang Ayah, Ibu dan Anak agar Hubungan Lebih Harmonis

persiapan sebelum menikah

Pernikahan adalah momen sakral yang menjadi ibadah sepanjang masa. Memutuskan untuk menikah adalah keputusan yang besar karena ia akan merasakan momen terbaru dalam hidupnya. Namun, kamu perlu melakukan persiapan sebelum menikah.

Salah satu persiapannya adalah dengan mengajukan pertanyaan kepada pasanganmu agar tidak menjadi konflik ketika kamu sudah menikah nantinya.

Di artikel ini akan disajikan 5 pertanyaan sebelum menikah yang bersumber dari channel Youtube Finansialku. Kira-kira apa saja ya 5 pertanyaan tersebut?

persiapan sebelum menikah

sumber: unsplash

Apa yang Kamu Harapkan dari Sebuah Pernikahan

Menikah itu tidak sesederhana mempersatukan kedua insan berlawanan jenis dalam satu ikatan yang kemudian tinggal bersama sampai ajal menjemput.

Di dalam pernikahan pasti akan ada dinamika-dinamika yang kadang tidak terekspektasi bahwa itu akan terjadi. Hal mendasar yang perlu kamu tanyakan kepada pasangan sebelum menikah yaitu,

“Apa yang kamu harapkan dari Sebuah Pernikahan?”

Berbeda pendapat memang adalah hal yang wajar karena tidak ada manusia yang 100% sama. Ada yang menikah karena berharap memiliki keturunan.

Ada  yang menikah karena berharap akan dibimbing dalam agama. Lalu, juga ada yang menikah karena memang untuk ibadah dan tidak akan mencemaskan apapun terutama perkara dunia.

Dalam konteks ini pasangan lebih akan mencemaskan perkara-perkara yang terkait ukhrawi (akhirat). Mengajukan pertanyaan ini juga untuk bisa memanajemen ekspektasi dari pasangan agar tidak kecewa kelak ketika sudah menikah.

Jangan sampai pernikahanmu penuh akan drama karena kamu tidak mempertanyakan hal ini dari awal.

Bagaimana Cara Kamu Menghadapi Situasi Sulit

Pertanyaan berikutnya yang bisa kamu ajukan kepada pasangan sebelum akhirnya menikah adalah  terkait bagaimana dia menghadapi kondisi sulit.

Dengan mengajukan pertanyaan ini kamu akan mendapatkan gambaran terkait dengan sifat dan karakternya. Kamu bisa lihat bagaimana ia solving problem sehigga kamu tidak salah paham tentang aktivitasnya yang mungkin menurutmu tidak lazim.

Seperti bila pasanganmu adalah orang yang ketika situasi sulit ia suka menggerutu, suka marah-marah maka kamu tidak boleh langsung memberikan feedback negatif.

Kamu sudah tahu bahwa sebenarnya ia sedang ada masalah, sehingga tugasmu adalah melakukan komunikasi dengan dirinya atau bila tidak bisa cukup diamkan dan biarkan ia tenang dengan sendirinya.

Dengan begini efek pertengkaran rumah tangga bisa diminimalisir.

persiapan sebelum menikahsumber: unsplash

Apakah Kamu akan Nyaman Berbagi Rasa Tanggung Jawab

Beberapa pertengkaran rumah tangga terjadi karena masing-masing orang memiliki ego terkait dengan tanggung jawab yang diampuhnya.

Laki-laki bertanggung jawab ke kesejahteraan keluarga dan urusan rumah tangga serta anak menjadi tanggung jawab perempuan.

Padahal beberapa perempuan juga memiliki aktivitas bekerja di luar terlebih wanita karir. Lantas, bagaimana bila wanita yang sudah berkarir lalu mengurus semua pekerjaan rumah tangga sendiri.

Pasti sangat melelahkan terlebih bila sudah punya anak dan harus mengasuhnya. Nah, dalam hal ini laki-laki juga harus mengerti dan masing-masing harus berbagi tanggung jawab.

Tidak boleh dikotak-kotakkan secara saklek. Keluarga adalah satu institusi primer yang pertahanannya akan kuat bila masing-masing mengerti dan memahami tanggung jawabnya dan bersedia untuk berbagi tanggung jawab tersebut.

Bila kita bicara rumah tangga berarti setidaknya kedua orang (suami istri) lah yang bertanggung jawab. Adapun pembagian tugas bisa dibuat fleksibel tapi tentu tidak menghilangkan kodrat yang ada.

Seperti suami yang mencari nafkah adalah kodrat yang tidak boleh dihilangkan.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan

Tentu telinga tidak asing mendengar banyak perceraian terjadi karena adanya ribut perihal keuangan. Seorang suami yang menyembunyikan uang pendapatannya yang lain atau sang istri yang berbelanja terlalu berlebihan.

Pertanyaan terkait dengan cara mengelola keuangan juga perlu kamu sampaikan terlebih dahulu kepada pasangan sebagai bentuk persiapan sebelum menikah.

Sampaikan juga masalah keuangan yang saat ini sedang kamu hadapi. Bisa seperti pasanganmu saat ini sedang punya hutang yang harus segera dilunasi sehingga pengaturan keuangannya harus diatur bersama agar hutang tersebut bisa lunas.

Atau mungkin pasanganmu adalah sandwich generation yang masih harus membiayai adik dan orang tuanya. Ingat loh bicara uang memang sensitif tapi lebih baik dibicarakan daripada disembunyikan.

persiapan sebelum menikah

sumber: unsplash

Apa Pengalaman Masa Kecil Diingat

Mungkin pertanyaan ini terdengar aneh. Yap tetapi ini ternyata ada efeknya loh ketika kamu tanyakan. Kamu pasti tahu bahwa setiap orang punya pengalaman masa kecil yang berbeda-beda.

Salah satu pembentuk karakteristik seseorang adalah  dari pengalaman yang ia pernah rasakan. Ketika kamu mengetahui masa kecil pasanganmu maka kamu bisa melihat bagaimana pola pikir dari pasanganmu.

Kamu bisa lihat mengapa ia memutuskan A dan mengapa ia memutuskan B. Kamu tidak perlu bercekcok lebih dalam apabila dalam hal keputusan kamu berbeda pendapat dengannya.

Cukup komunikasikan saja apa yang menjadi jalan tengah dari perbedaan pendapat tersebut. Oh ya dengan mengetahui pengalaman masa kecil pasangan maka kamu akan tahu trauma apa yang pernah ia rasakan.

Dengan begitu kamu tidak akan menghadirkan sesuatu yang akan membuat pasanganmu mengalami trauma yang sama yang pernah ia rasakan.

Penutup

Nah itulah 5 pertanyaan yang bisa kamu ajukan sebagai persiapan sebelum menikah. Untuk saran saja tanyakan pertanyaan ini bila memang kamu sudah benar-benar siap menikah dengannya.

Untuk kamu yang muslim, bila kamu ingin menghindari ikhtilat baik fisik maupun digital kamu bisa tanyakan lewat perantara atau orang yang kamu percaya yang mengenal baik pasanganmu atau bila kamu merasa bisa mengontrolnya silahkan tanyakan langsung via digital seperlunya aja.

Silahkan tanyakan dengan cara yang kamu suka ya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu untuk persiapan sebelum menikah atau buat kamu yang sudah menikah dan belum menanyakannya silahkan tanyakan dari sekarang mumpung usia pernikahannya belum lama.

Bila kamu menyukai artikel tentang pernikahan. Kamu bisa baca lebih lanjut di blog ini pada topik pernikahan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *